Berita islam terkini

DOA KETIKA DIMAJLIS DZIKIR

MAJELIS DZIKIR, DOA DAN TAHLIL

وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ

Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri. (Qs: Ath-Thur: 48)

Sebagian ulama mengatakan apabila seseorang hendak berdiri dari majelisnya, dianjurkan mengucapkan doa berikut sebelum meninggalkannya :

سبحانك اللهم وبحمدك

"Mahasuci Engkau, ya Allah dan dengan memuji kepada Mu."

http://www.umatnabi.com/2017/07/doa-ketika-dimajlis-dzikir.html

Dari Abu Usman Al-Faqir, Malaikat Jibril mengajari Nabi ﷺ doa berikut yang dibaca bila hendak meninggalkan majelis ;

سبحانك اللهم وبحمدك ، أشهد أن لا إله إلا أنت ، أستغفرك وأتوب إليك

Mahasuci Engkau, ya Allah, dan dengan memuji kepada-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Engkau, aku memohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu.

Dari Abu Hurairah, dari Nabi ﷺ bersabda:

مَنْ جَلَسَ فِي مَجْلِسٍ فَكَثُرَ فِيهِ لَغَطُهُ فَقَالَ قَبْلَ أَنْ يَقُومَ مِنْ مَجْلِسِهِ ذَلِكَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ إِلَّا غُفِرَ لَهُ مَا كَانَ فِي مَجْلِسِهِ ذَلِكَ

"Barang siapa yang duduk di sebuah majelis dan banyak keramaian (kegaduhan), kemudian sebelum berdiri ia mengucapkan; SUBHAANAKALLAAHUMMA WA BIHAMDIKA ASYHADU ANLAA ILAAHA ILLAA ANTA ASTAGHFIRUKA WA ATUUBU ILAIKA (Maha Suci Engkau wahai Allah, dan dengan memujiMu, aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak di sembah melainkan Engkau, aku meminta ampun dan bertaubat kepadaMu) melainkan diampuni dosanya selama di majelisnya tersebut.

Dari Abu Barzah Al-Aslami yang menceritakan bahwa Rasulullah ﷺ di akhir usianya apabila hendak meninggalkan majelisnya beliau mengucapkan doa :

" سبحانك اللهم وبحمدك ، أشهد أن لا إله إلا أنت ، أستغفرك وأتوب إليك " . فقال رجل : يا رسول الله ، إنك لتقول قولا ما كنت تقوله فيما مضى ؟ ! قال : " كفارة لما يكون في المجلس "

Mahasuci Engkau, ya Allah, dan dengan memuji kepada'Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Engkau. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu. Lalu ada seorang lelaki bertanya; ya Rasulullah, sesungguhnya engkau telah mengucapkan suatu doa yang tidak pernah engkau ucapkan sebelumnya di masa lalu." Beliau menjawab: doa ini sebagai penghapus (dosa) yang terjadi di dalam majelis itu.

Diriwayatkan oleh Imam Abu Daud melalui Abdullah bin Amr mengatakan:

" كلمات لا يتكلم بهن أحد في مجلسه عند قيامه ثلاث مرات ، إلا كفر بهن عنه ، ولا يقولهن في مجلس خير ومجلس ذكر إلا ختم له بهن كما يختم بالخاتم على الصحيفة : ... "

Ada beberapa kalimat yang tidak sekali-kali dibaca oleh seseorang dalam majelisnya di saat hendak meninggalkan majelisnya sebanyak tiga kali, melainkan dihapuskan darinya dosa yang dilakukannya dalam majelis tersebut berkat kalimat-kalimat itu. Dan tidaklah ia mengucapkannya pada majelis kebaikan dan majelis dzikir kecuali dianjurkan ditutup dengannya sebagaimana sepucuk surat yang diakhiri dengan tanda (stempel) , yaitu :

سبحانك اللهم وبحمدك ، لا إله إلا أنت ، أستغفرك وأتوب إليك

"Mahasuci Engkau, ya Allah, dan dengan memuji kepada-Mu tiada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu.,

Di kutib dari tafsir ibnu katsir surat Ath-Thur: 48

DOA KETIKA DIMAJLIS DZIKIR Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri