Berita islam terkini

Inilah 5 Hal Simple Bernilai Pahala Dalam Rumah Tangga

5 Hal Sederhana Bernilai Pahala Dalam Rumah Tangga
Setiap pernikahan pasti ingin memiliki rumah tangga yg bahagia.Kebahagiaan dalam rumah tangga hanya akan tercipta saat suami istri saling memahami karakter masing-masing.Saling menutupi kekurangan dan berlomba-lomba dalam kebaikan.Bahkan,tak hanya keharmonisan yg didapatkan,namun juga pahala yg besar di sisi Allah Subhanahuwata'ala.

Banyak sekali aktivitas dalam rumah tangga yg tidak hanya membawa kebahagiaan,namun juga pahala.Contohnya 5 hal sederhana berikut ini.

http://sunnahsunni.blogspot.com/2016/03/inilah-5-hal-simple-bernilai-pahala.html

1. Saling memandang dan perhatian

Sepasang kekasih dalam ikatan halal yg saling memandang dan memberi perhatian satu sama lain tak hanya membuat rumah tangga semakin harmonis.Namun juga membawa rahmat dariNya.

“Sesungguhnya ketika seorang suami memperhatikan istrinya dan istrinya memperhatikan suaminya,” kata Nabi Saw.menjelaskan,“maka Allah memperhatikan mereka berdua dengan perhatian penuh rahmat.”(Diriwayatkan Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi’ dari Abu Sa’id Al-Khudzri r. a.)


2. Berpegangan tangan

Bahkan,aktivitas sederhana seperti berpegangan tangan,saling menggenggam tangan dapat menggugurkas dosa suami istri.Luar biasa bukan ?

“…Manakala suaminya merengkuh telapak tangannya(diremas-remas),maka berguguranlah dosa-dosa suami-istri itu dari sela-sela jari-jema-rinya.”(Diriwayatkan Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi’ dari Abu Sa’id Al-Khudzri r. a.)


3. Membelai istri

Memberikan belaian kepada istri dengan penuh kasih sayang di sela-sela kesibukan memiliki keutamaan yg mengagumkan.Hal ini akan menimbulkas kasih sayang sekaligus menunaikan hak istri untuk dimanja dan disayang.

“Rasululloh SAW biasa setiap hari tidak melupakan untuk mengunjungi kami (para istrinya) seorang demi seorang.Beliau menghampirinya dan membelainya,sekalipun tidak mencampurinya,sehingga sampai ke tempat istri yg tiba gilirannya,lalu bermalam di situ.”(HR. Abu Dawud)


4. Membantu pekerjaan istri di rumah

Sesekali saat libur bekerja,cobalah untuk membantu pekerjaan istri di rumah.Tak ada salahnya mencuci piring atau menyapu rumah.Karena hal ini merupakan kebiasaan sederhana yg dicontohkan Nabi untuk memperlakukan istri dengan baik.

Al-Aswad bin Yazid bertanya kepada Aisyah,“Apa yg biasa dilakukan Nabi s. a. w. di dalam rumah? ”Aisyah menjawab,“Beliau biasa membantu pekerjaan istrinya.Bila tiba waktu shalat, beliau pun keluar untuk mengerjakan shalat”. (H. R. Bukhari)


5. Bercanda bersama anak dan istri

Meluangkan waktu untuk tertawa,bercanda bersama anak istri bukan hal yg sia-sia.Bahkan,hal ini dianjurkan untuk mempererat rasa saling memiliki dan kasih sayang dalam keluarga.

”Segala sesuatu yg dijadikan permainan oleh anak Adam adalah bathil,kecuali tiga perkara, melepaskan panah dari busurnya,latihan berkuda,dan senda gurau (mula’abah) bersama keluarganya,karena itu adalah hak bagi mereka.”(HR. Ath-Thabrani dalam Al-Kabir,Silsilah As-Shahihah no. 309)

Perihal sederhana tersebut sangat dianjurkan menjadi kebiasaan seahri-hari.Sehingga rumah tangga semakin kuat,semakin erat dan penuh kasih sayang.Tak ada lagi yg lebih membahagiakan selain keluarga yg harmonis bukan ?

Inilah 5 Hal Simple Bernilai Pahala Dalam Rumah Tangga Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah