Berita islam terkini

3 Dosa Besar Yg Sering Dilakukan Orang Tanpa Sadar

Dosa adalah suatu tindakan yg melanggar peraturan agama yg sudah ditetapkan oleh Allah. Dalam Islam semuanya sudah diatur dan ditetapkan melalu hukum-hukum syariat,jadi semua wajib dipatuhi dari apa-apa yg telah diperintahkannya dan ditinggalkan dari segala macam yg dilarangnya.

Dalam Al qur'an telah menyebutkan bahwa Allah bisa mengampuni semua dosa-dosa kecuali syirik.Caranya yaitu dengan taubat nashuha dengan taubat sebenar-benarnya utk berusaha tidak mengulanginya lagi dari perbuatan dosa tersebut.Namun apabila dosa bukanyg berkaitan dengan manusia seperti misalnya berbuat dholim kepada orang lain berikut sejalan bertaubat kepada Allah juga harus meminta maaf langsung kepada yg bersangkutan yg telah didholimi.

Sebagai seorang muslim kita harus senantiasa menjauhi hal-hal yg telah dilarang Allah dan Rasul_Nya, menjauhi akhlaq-akhlaq yg tercela dan hal-hal yg bisa menimbulkan fitnah. Pada kali ini kami akan mengupas sedikit tentang beberapa dosa yg mungkin sering dilakukan orang tanpa sadar,atau mungkin sebenarnya tau akan dosanya tapi terkadang menyepelekannya,meski sebenarnya perbuatan-perbuatan tersebut termasuk dalam kategori dosa besar.

3 Dosa Besar Yg Sering Dilakukan Orang Tanpa Sadar

Dosa besar yg sering dilakukan

1. Riya' (Pamer)
Salah satu dosa besar yg seringkali dilakukan orang tanpa sadar yaitu riya', Orang yg berbuat riya' termasuk orang-orang yg merugi dan celaka seperti yg telah disebutkan dalam firman Allah surat Al-Ma'un 4-6 yg artinya : " Berikut kecelakaan buat orang yg shalat (yaitu) orang-orang yg lalai dari shalatnya, orang-orang yg berbuat riya' ".

Riya' mempunyai arti yaitu pamer, sedangkan menurut pengertian istilahnya adalah melakukan suatu amalan ibadah dengan niat agar supaya dilihat oleh orang lain dan dipuji-puji kalau dia seorang dermawan,ciri-ciri orang yg berbuat riya' biasanya sering menyebut-nyebut pemberiannya kepada orang lain.

Orang yg melakukan suatu amalan ibadah,seperti contohnya shalat,tadarus al qur'an atau ibadah lainnya tetapi dengan tujuan supaya mendapatkan pujian kalau dirinya orang yg ahli beribadah berikut orang tersebut termasuk kategori orang yg berbuat riya'.


Riya' termasuk salah satu penyakit hati yg berbahaya dikarenakan dengan berbuat riya' orang tersebut bisa terhapus amal-amal kebajikannya.Makanya perbuatan riya' itu paling merugikan jadi wajib kita jauhi agar kita tidak termasuk golongan orang yg jadi rugi di akhirat nantinya.

2. Riba
Diantara dosa besar lagi yaitu riba, riba menurut bahasa artinya tambahan, sedangkan menurut istilahnya riba adalah penambahan harta atau suku bunga dalam transaksi tukar menukar barang secara batil.Hukum riba adalah haram dan termasuk salah satu dosa besar seperti yg telah dijelaskan Al qur'an dalam surat Al Baqoroh ayat 275 : "... Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba''.



Riba bisa berarti melebihkan jumlah pengembalian dari pinjaman dengan ditentukan ketika akad pinjam-meminjam uang,istilahnya yaitu pinjam-meminjam uang dengan sistim bunga yg biasanya dengan persntase tertentu cocok dengan pinjaman pokoknya.

Pada masa sekarang ini banyak sekali jenis riba yg bisa kita jumpai,diantaranya yaitu :

1. Transaksi jual beli secara kredit

2. Transaksi perbankan

3. Transaksi asuransi

Banyak orang yg sudah mengetahui tentang mekanisme riba dan hukumnya,tetapi biasanya dari mereka yg masih berkecimpung dengan riba selalu beralasan dikarenakan keadaan, dikarenakan terdesak dan lain sebagainya, jadi seolah-olah mereka menyepelekan tentang bahaya riba.

3. Menyakiti tetangga
Salah satu orang terdekat kita yaitu tetangga.Islam paling menganjurkan kita untuk selalu berbuat baik kepada orang lain termasuk tertangga.Oleh karena itu kita harus selalu bisa menjaga perilaku kita terhadap tetangga,jangan sampai kita menyakitinya.

Mungkin tanpa kita sadari kita pernah menyakiti tetangga,tapi mulai sekarang kita harus bisa merubah sifat tersebut dengan suatu pergaulan yg baik,dikarenakan tetangga adalah termasuk orang terdekat kita yg bisa diajak saling tolong-menolong.

Menyakiti tetangga adalah termasuk dari dosa besar, dikarenakan Nabi Muhammad sendiri juga pernah bersabda,''Bukan akan masuk syurga seseorang yg tetangganya tidak merasaterasa aman dari kejahatannya''.Nabi sendiri juga selalu memerintahkan kepada umatnya agar selalu berbuat baik kepada tetangga dengan pergaulan yg baik.
Baca juga:Inspirasi Kehidupan Seribu Rupiah
Demikian 3 dosa besar yg sering dilakukan tanpa sadar.Dosa-dosa besar tersebut seperti sudah dianggap biasa dan bukanlah hal yg menakutkan.Semoga dengan adanya informasi ini kita akan menjadi orang yg lebih berhati-hati biar tak bergelimang dosa.Wallahu 'alam,Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

3 Dosa Besar Yg Sering Dilakukan Orang Tanpa Sadar Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah